Yang Bakal Dirasakan Pembalap MotoGP Bila Sirkuit Mandalika Kotor

Tes pramusim MotoGP Mandalika hari ini Jumat (11/2) sempat dihentikan akibat kondisi lintasan yang kotor.

Menurut penyelenggara MotoGP, trek Sirkuit Mandalika cukup kotor dan mengganggu jalannya tes. Kondisi Sirkuit Mandalika kotor karena hujan yang turun sepanjang malam pada wilayah di sekitar sirkuit Mandalika.

Pakar keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu menilai keputusan panitia untuk menyudahi tes sementara MotoGP merupakan keputusan tepat dan menjadi standar operasional prosedur pada ajang balap dunia.

00:00 / 00:00

“Semua pasti ada perhitungannya, misalnya trek itu hanya basah, tergenang, banjir, atau lainnya,” kata Jusri saat dihubungi, Jumat (11/1).

Lihat Juga :
Sirkuit Kotor, Tim Pabrikan Tetap Puji Tes MotoGP Mandalika

Menurut Jusri jika sirkuit bermasalah tentu itu akan menjadi perhatian lantaran berkaitan dengan sisi keselamatan dan juga dapat membuat pembalap tidak dapat mengeluarkan kemampuan sepenuhnya.

Secara teknis, berkendara dengan aspal kotor akibat genangan dan pasir pasti membahayakan setiap pembalap.

Ia menjelaskan daya cengkeram ban motor yang digunakan para pembalap akan berkurang, sebab daya cengkeram ban ke aspal kurang baik akibat pasir atau lumpur.

Lihat Juga :
Honda Puji Semangat Warga Lokal Tonton Tes MotoGP Mandalika

Sebagai informasi, bila kecepatan rata-rata motor pada ajang MotoGP pada kisaran 160 hingga 185 km per jam. Jadi bisa dibayangkan bila motor pada kecepatan tersebut kehilangan traksi terhadap aspal.

“Ya tentu akan mengurangi cengkraman ke aspal sehingga berpotensi selip, tergelincir apalagi ini ditambah lagi balapan dengan kecepatan tinggi,” ucap Jusri.

Jusri menambahkan panitia punya hitung-hitungan di mana mereka harus menghentikan balapan atau tidak dengan menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Ya maka itu kalau dianggap mengganggu apalagi membahayakan, tentu akan dihentikan dulu. Soalnya kalau hanya basah saja, atau misal ada krikil, ya biasanya tidak masalah,” kata Jusri.

(ryh/mik)

[Gambas:Video ]